35 Manfaat Daun Alpukat untuk Kesehatan yang Wajib Diketahui

Manfaat Daun Alpukat - Siapa sih yang tidak suka sama jus alpukat? Jus alpukat selain enak juga sehat, karena ada banyak nutrisi di dalamnya, sehingga buah alpukat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Namun siapa sangka, ternyata bukan hanya buahnya saja, daunnya juga punya banyak manfaat untuk kesehatan.

Ada banyak manfaat daun alpukat untuk kesehatan dan kecantikan yang mungkin jarang orang ketahui. Siapa sangka, ternyata tanaman yang berasal dari meksiko Amerika Tengah ini dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan, seperti batu ginjal misalnya.

Manfaat daun alpukat ini tidak terlepas dari kandungan ntrisi dan senyawa kimia di dalamnya. Tanaman yang memiliki nama Latin Persea Americana Miller ini memiliki kandungan berupa polifenol dan querstin yang dapat memeberantas beberapa penyakit.


Manfaat Daun Alpukat


Kandungan Daun Alpukat

Berikut ini penjelasannya:
  • Querstin
Kandungan daun alpukat yang pertama adalah querstin. Zat ini sendiri merupakan senyawa keompok flavonol terbesar, querstin dan glikosidannya berada dalam jumlah sekitar 60-75%. Querstin di percaya dapat melindungi tubuh dari beberapa jenis penyakit degenerative dengan cara menangkap radikal bebas dan menghelat ion logam transisi makanan yang rendah, pemasakan dapat menyebabkan terjadinya proses dedgradasi oleh panas dan dapat melarutkan kuersetin dari air yang mendidih. Daun alpukat rasanya pahit berkhasiat sebagai diuretik dan menghambat pertumbuhan beberapa bakteri seperti staphylococcus sp, pseudomonas sp, protectus sp, escherichea sp, dan bacillus sp. Selain itu berkhasiat untuk menyembuhkan kencing batu, darah tinggi, dan sakit kepala. Daun yang dibuat teh dapat meyembuhkan nyeri saraf, nyeri lambung, bengkak saluran pernapasam dan haid tidak teratur.
  • Polifenol
Selanjutnya, daun alpukat juga mengandung polifenol yang dapat melindungi tubuh kita dari berbagai gangguan kesehatan. Zat ini memiliki tanda khas yakni memiliki banyak gugus fenol dalam molekulnya. Plofenol berperan dalam memberi warna pada suatu tumbuhan seperti warna daun saat musim gugur.

Manfaat Daun Alpukat

Nah, mari kita bahas satu persatu manfaat daun alpukat, berikut ini khasiat daun alpukat yang mesti anda ketahui:

Manfaat daun alpukat untuk sakit perut

Manfaat daun alpukat yang pertama adalah untuk mengobati sakit perut, mencret atau disentri. Pertama, silahkan sediakan 5 gram daun alpukat segar, 5 gram akar temu kelinci, 6 gram rimpang kunyit segar dan 6 gram daun pegagan segar. Rebus semua bahan-bahan kedalam 115 ml air hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan daun tersebut sehari sekali sebanyak satu gelas.

Manfaat daun alpukat untuk asma

Khasiat daun alpukat selanjutnya adalah untuk mengobati atau mengurangi asma, caranya sediakan 7 lembar daun alpukat yang masih muda, 3 gelas air dan garam 1 sdm. Sebuah bahan tersebut direbus sampai air rebusan tersebut hanya tersisa separuhnya atau 1,5 gelas. Saringlah air rebusan dan minum air rebusan tersebut sebelum tidur.

Manfaat daun alpukat untuk Batu ginjal

Untuk anda yang mengalami batu ginjal, tentu ini menjadi kabar baik untuk anda. Manfaat daun alpukat untuk batu ginjal sudah tidak diragukan lagi, batu ginjal akan mengecil dan hilang, hal ini dikarenakan kandungan daun alpukat berupa alkolid, flavonoid, dan saponin merupakan zat yang sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal sehingga dapat meningkatkan fungsi ginjal.
Caranya:
  • Siapkan 5-8 lembar daun alpukat yang tua (berwarna hijau), cuci berish
  • Rebus daun tersebut dengan 1 gelas
  • Tunggu hingga tinggal 1/2 gelas.
  • Saring air tersebut hingga tidak ada ampas/yang lainnya.
  • Minum setiap hari pagi dan sore hingga 10 hari.
  • Jika efektif batu ginjal akan hancur menjadi seperti kerikil atau muncul buih saat kencing.
  • Jika sudah keluar kerikil dan atau buih saat kencing maka dapat dihentikan ramuan ini.

Manfaat daun alpukat untuk menghaluskan kulit

Selain untuk mengatasi berbagai penyakit, daun alpukat juga bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Daun alpukat sangat efektif untuk menghaluskan kulit kita.
Caranya:
  • Tumbuk daun alpukat muda hingga halus,
  • Oleskan di tangan, biarkan 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih.

Manfaat daun alpukat untuk kulit wajah kering

Selain untuk menghaluskan kulit, daun alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah kering. Caranya sama seperti untuk menghaluskan wajah.

Manfaat daun alpukat untuk sakit pinggang

Manfaat selanjutnya, daun alpukat juga bermanfaat untuk mengatasi sakit pinggang.
Caranya:
  • Rebus 5 lembar daun alpukat
  • Rebus dalam 1 gelas air
  • Tunggu hingga 1/2 gelas
  • Minum secara rutin maksimal 5 hari hingga sakit pinggang hilang.

Manfaat daun alpukat untuk bengkak

Kandungan querstin pada daun alpukat bermanfaat untuk menghilangkan bengkak di tubuh kita.
Caranya:
Tumbuk daun alpukat muda hingga halus, lalu letakkan pada kulit bengkak lalu bungkus dengan perban lalu biarkan hingga 2-4 jam.

Manfaat daun alpukat untuk hipertensi

Daun alpukat juga dapat kita manfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Caranya sediakan 5-6 helai daun alpukat tua lalu rebus dalam 2 gelas air hingga tinggal 1 gelas, minum secara rutin hingga tekanan darah hilang.

Manfaat daun alpukat untuk sariawan

Anda mengalami sariawan? Coba saja gunakan daun alpukat untuk mengobatinya. Caranya gigit daun alpukat muda hingga halus lalu tempel pada sariawan anda, dan biarkan hingga 5-10 menit, lakukan 3 kali sehari dan rasakan bedanya.

Manfaat daun alpukat untuk rambut

Daun alpukat juga bisa kita gunakan untuk merawat rambut rusak. Caranya haluskan daun alpukat muda lalu gosokkan ke rambut secara merata hingga selama 10 menit, lalu bilas / mandi segera.

Berikut ini beberapa manfaatu daun alpukat yang lain, seperti :

Manfaat daun alpukat untuk  gigi berlubang

Manfaat daun alpukat untuk kencing manis (diabetes melitus)

Lemak tak jenuh

Makanan yang bisa mengingkatkan kesuburan pada wanita

Kandungan Asam oleat yang tinggi

Cara Penggunaan:
  1. Ambil 4-5 lembar daun alpukat
  2. Rebus dalam 2 gelas air sampai menjadi 1 gelas
  3. Minum secara rutin setiap pagi dan malam hari.
  4. Lakukan secara rutin dan rasakan efeknya.

Manfaat daun alpukat mengatasi sakit kepala

Manfaat daun alpukat yang terakhir adalah untuk mengobati sakit kepala. Caranya rebus beberapa lembar daun sampai mendidih kira-kira selama 5 menit. Ambil cangkir lalu isikan sepertiganya lalu tambahkan air hangat sampai penuh. Minum hingga sakit kepala anda sembuh. 

Bagaimana? Ternyata ada banyak sekali khasiat daun alpukat bukan? Selama ini tidak banyak orang yang tahu, padahal berbagai penyakit bisa diobati dengan daun ini tanpa ribet. 
Demikianlah uraian tentang manfaat daun alpukat dari kami, semoga bermanfaat untuk pembaca semua. Baca juga 13 Manfaat Daun Jarak
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License