12 Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan: Mengobati Stroke, Menyehatkan Mata, Mulut dsb

Manfaat Daun KemangiDaun kemangi biasanya kita jumpai pada pecel lele, sayur, atau sebagai lalap, terutama bagi orang-orang jawa, mereka percaya kalau daun kemangi bisa membuat tubuh lebih harum sesuai dengan namanya, kemangi = wangi.

Daun kemangi tentu tidak asing lagi bagi sebagian kalangan, bahkan duan ini kerap menjadi lalapan untuk makan. Memang, bagi anda yang pertama kali mencoba lalapn daun kemangi agak aneh rasanya, namun lama kelamaan akan terasa enak dan segarnya, kira-kira seperti itulah mereka yang menyukai daun ini. Nah,  terlepas dari itu semua, kita akan bahas mengenai apa saja kira-kira manfaat daun kemangi?

Sebelum kita bahas apa saja manfaat daun kemangi, ada baiknya kita perkenalan terlebih dahulu dengan daun yang dapat menambah selera makan ini. Sesuai dengan namanya, dalam bahasa latin daun kemangi yaitu Ocimum basilicum yang berarti tumbuhan beraroma. 

Kandungan Nutrisi Daun Kemangi

Ada banyak sekali nutrisi di dalam daun kemangi, seperti beta karoten (provitamin A) dan vitamin C yang memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Nah, betakaroten sendiri bermanfaat untuk mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Untuk Vitamin C, manfaat yang bisa kita dapatkan seperti untuk pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit, membantu penyerapan kalsium dan besi, antioksidan, mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).

Selain dua nutrisi di atas, kandungan kolagen pada daun kemangi merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Daun kemang jugaa berperan untuk menjaga kesehatan tulang, hal ini dikarenakan kandungan fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Komponen Non-Gizi Daun Kemangi

Selain nutrisi di atas, daun kemangu juga memiliki kandungan non-gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita, diantaranya seperti senyawa flavonoid dan eugenol, arginin, anetol, boron, dan minyak atsiri. Flavonoid dan eugenol berperan sebagai antioksidan, yang dapat menetralkan radikal bebas, menetralkan kolesterol dan bersifat antikanker.

Dua jenis senyawa ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk tubuh kita, kedua senyawa ini juga bersifat antimikroba yang mampu mencegah masuknya bakteri, virus, atau jamur yang membahayakan tubuh. Daun kemangi sangat bagus dikonsumsi wanita karena eugenol-nya dapat membunuh jamur penyebab keputihan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini rangkuman manfaat daun kemangi yang bisa kita dapatkan.
Daun Kemangi

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

1. Meredakan demam & masuk angin

Manfaat daun kemangi yang pertama adalah duntuk meredakan demam dan masuk angin. Nah, jika anda atau anak anda mengalami demam gunakanlah daun kemangin untuk meredakannya. Selain itu, jika suami atau anggota keluarga anda mengalami masuk angin, daun kemangi juga bermanfaat untuk mengobatinya. 

Bagaimana kira-kira caranya? Pertama, abil beberapa daun kemangi, kemudian diremas bersama bawang merah dan minyak kelapa, lalu dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita.

2. Menyehatkan mata dan mulut

Manfaat daun kemangi yang kedua adalah untuk menjaga kesehatan mata dan mulut, hal ini tentu saja karena kandungan vitmamin A di dalamnya. Vitamin A pada daun kemangin berperan untuk mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stres, dan mencegah gangguan pada mata lainnya. Bukan cuma itu, selain daun mint, kemangi pun punya efek menyegarkan bau mulut jika dikonsumsi.

3. Melancarkan ASI

Baig bumil, aun kemangi sangat baik untuk melancarkan ASI, apalagi tidak semau bumil dapat mengeluarkan ASI dengan lancar, nah silahkan manfaatkan daun kemangi untuk memperlancar ASI anda. Anda bisa memanfaatkan sebagai lalap teman makan nasi dan sambal.

4. Anti inflamasi

Manfaat daun kemangi selanjutnya adalah sifat anti inflamasi yang bertugas menyembuhkan bengkak dan ampuh meredakan radiang sendi. Kemangi juga termasuk sumber kalsium yang baik yang dibutuhkan tulang untuk mencegah osteoporosis.

5. Menopouse

Daun kemangi juga berperan untuk mencegah atau menunda menopouse, hal ini dikarenakan zat triptofan pada daun kemangi bisa menunda monopause. Oleh karena itu, perbanyaklah konsumsi kemangi jika Anda ingin menunda massa menopouse.

6. Mencegah batuk

Saat pergantian musim atau pancaroba, tubuh kita sangat rentan sekali terserang berbagai penyakit, nah, kita bisa memanfaatkan daun kemangi untuk melakukan pencegahan, karena walau bagaimanapun, mencegah itu lebih baik daripada mengobati, adan bisa menikmati teh kemangi untuk diseduh

7. Mengatasi Keputihan

Mandaat daun kemangi yang sangat luar biasa lagi adalah untuk mengobati keputihan, hal ini dikarenakan adanya senyawa eugenol dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Jadi, saat Anda mengalami keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi. bisa sebagai lalap atau dicampur dengan makanan lain, misalnya pepes.

8. Merangsang Sel Telur

Daun kemangi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan organ reproduksi wanita, hal ini dikarenakan daun kemangi dapat membantu proses pematangan sel telur (ovulasi) karena kandungan zat stigmaasterol dalam kemangi merangsang pematangan sel telur (ovulasi).

9. Antiradang

Seperti yang sudah disampaikan di atas, bahwa daun kemangi memiliki sifat anti radang, hal ini dikarenakan adanya kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol yang terdapat pada daun kemangi berfungsi sebagai antibiotik alami dan antiperadangan.

10. Kesehatan Jantung

Daun kemangi juga berperan aktif untuk menjaga kesehatana jantung, karena kandungan betakaroten dan magnesium yang ada di dalamnya. Keduanya merupakan mineral penting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

11. Mengatasi Stroke

Nah, bagi anda atau anggota keluarga anda yang mengalami masalah stroke, anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai alternatif pengobatannya. Meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke karena kandungan isoflavon pada kemangi dan juga terdapat pada kacang-kacangan seperti kedelai, buncis, kacang polong, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi (artery) pada pasien stroke.

12. Manfaat Daun Kemangi untuk Perokok

Manfaat daun kemangi yang terkahir dari kami adalah khusus untuk perokok, kunyah daun kemangi kapan saja ketika mereka ingin merokok. Dengan begitu, kekuatan antioksidan mampu memperbaiki sistem yang rusak akibat efek nikotin. Kemangi juga ampuh meredakan stres, mencegah diabetes, dan mengatasi batu ginjal.
Share
 
Copyright © 2015. Manfaat Daunan.
Design by Herdiansyah Hamzah. Published by Themes Paper. Powered by Blogger.
Creative Commons License